counter stats

Ejaan Lama Bahasa Indonesia

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Ejaan Lama Bahasa Indonesia. Beberapa perubahannya adalah sebagai berikut. Indonesia sebenarnya sudah lama menyadari tentang pentingnya bahasa kebangsaan seperti bahasa Indonesia bahkan ikrar yang diucapkan oleh pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 Bahasa Indonesia memiliki sejarah yang panjang dalam penyusunan ejaan yang baik dan benar.

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan
Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan from studylibid.com

Begitu pula Ejaan Wilkinson di Malaysia. Padahal kaidah bahasa yang benar bukan hanya EYD masih banyak kaidah lain lihat bab sebelumnya. Mengapa ejaan lama Bahasa Indonesia yaitu Ejaan Van Ophuijsen yang memiliki keunikan dan ciri khas tidak dipertahankan sebagai bahasa Indonesia zaman sekarang.

Sejarah ejaan bahasa Indonesia -.

Bagaimana kok sekarang bisa jadi kata tempo dulu. Huruf tj diganti c j diganti y nj diganti ny sj menjadi sy dan ch menjadi kh Huruf asing. Padahal kaidah bahasa yang benar bukan hanya EYD masih banyak kaidah lain lihat bab sebelumnya. Setelah melalui masa-masa kegalauan perencanaan bahasa di era Soekarno masalah-masalah ini dirampungkan hingga akhirnya Soeharto meresmikan EyD pada perayaan kemerdekaan.