counter stats

Di Organ Lambung Terjadi Pencernaan Makanan Secara

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Di Organ Lambung Terjadi Pencernaan Makanan Secara. Pencernaan secara kimiawi dimungkinkan karena kelenjar air liur menghasilkan ludah yang mengandung air lendir dan enzim ptialin. Hal tersebut menyebabkan makanan akan tercampur dan teraduk dengan enzim serta asam klorida.

Fungsi Lambung Dalam Sistem Pencernaan Pada Tubuh Manusia
Fungsi Lambung Dalam Sistem Pencernaan Pada Tubuh Manusia from www.zonareferensi.com

Organ yang ada di dalam rongga mulut seperti gigi lidah dan kelenjar mulut ikut ambil bagian dalam proses ini. Pencernaan kimiawi di lambung Setelah dari mulut makanan akan bergerak melewati kerongkongan menuju lambung. Sebagian protein yang ada di lambung dicerna menjadi peptida oleh enzim pepsin.

Lambung menghancurkan makanan secara mekanik dibantu oleh otot-otot dinding lambung yang bergerak secara peristaltik untuk mengaduk dan mencampur makanan dengan getah lambungSetelah lebih kurang 3 jam makanan tersebut akan berbentuk seperti bubur.

Hal tersebut menyebabkan makanan akan tercampur dan teraduk dengan enzim serta asam klorida. Berikut adalah enzim-enzim yang ditemukan dalam lambung. Masing-masing organ tersebut menghasilkan enzim yang berbeda untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Sama seperti di mulut pencernaan makanan di lambung akan terjadi secara mekanik dan kimiawi.