counter stats

Agresi Militer Belanda 1 Terjadi Pada Tanggal

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Agresi Militer Belanda 1 Terjadi Pada Tanggal. Agresi militer I terjadi pada tanggal 21 juli 1947 karena saat itu sudah mulai ada serangan di Jawa Timur. Atas dasar tersebut kemudian pada tanggal 21 Juli 1947 Belanda melakukan agresi militer pertamanya untuk menggempur beberapa wilayah di Indonesia.

Niko And Indonesian Heroes Agresi Militer Belanda I
Niko And Indonesian Heroes Agresi Militer Belanda I from nikopejoeang.blogspot.com

Latar Belakang Agresi Militer Belanda 1. Operatie Product yang dikenal dengan Agresi Militer Belanda 1 adalah operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatra terhadap Republik Indonesia yang dilaksanakan dari 21 Juli 1947 pukul 0000 sampai 5 Agustus 1947. Pada tanggal 20 Juli 1947 Van Mook menyatakan melalui siaran radio bahwa Belanda tidak terikat lagi pada hasil Perundingan Linggarjati.

Belanda mengabaikan seruan masyarakat internasional agar mentaati isi perjanjian Linggarjati dan menghentikan pertikaian dengan Indonesia.

Perselisihan kedua pihak mencapai puncaknya ketika pada 21 Juli 1947 Belanda melancarkan agresi militer. Agresi Militer Belanda I atau Operasi Produk Operatie Product merupakan peristiwa sesudah proklamasi yang dikenal dalam catatan sejarah Indonesia dilakukan oleh Belanda di wilayah kedaulatan Indonesia di Pulau Jawa dan Sumatera pada 21 Juli hingga 5 Agustus 1947. Pimpinan RI menolak permintaan Belanda tersebut. Latar Belakang Agresi militer Belanda 1 adalah Belanda yang tidak mengerima hasil perundingan LInggarjati yang telah disepakati bersama pada tanggal 25 Maret 1947.