counter stats

Unsur Unsur Gas Mulia

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Unsur Unsur Gas Mulia. William Ramsay ilmuwan asal Inggris peraih Nobel. Pengertian Gas Mulia.

Helium Some Extra Stuff Periodic Table Of Videos Periodic Table University Of Nottingham Chemistry
Helium Some Extra Stuff Periodic Table Of Videos Periodic Table University Of Nottingham Chemistry from www.pinterest.com

Gas mulia tidak dapat menerima elektron untuk membentuk anion stabil. Xenon diperoleh dari udara yang dicairkan. Sifatnya yang tidak reaktif ini menyebabkan gas mulia ditemukan di alam sebagai atom tunggal atau monoatomikSumber utama gas mulia adalah udara kecuali untuk He dan RnHe lebih banyak ditemukan di gas alam sementara.

Jari-Jari Atom Jari-jari atom unsur-unsur golongan gas mulia sangat kecil dalam satu golongan semakin keatas semakin kecil sehingga elektron terluar relatif lebih tertarik ke inti atom.

Konfigurasi elektron gas mulia Unsur Nomor atom Konfigurasi elektron Elektron valensi He 2 1s2 2 Ne 10 He 2s2 2p6 8 Ar 18 Ne 3s2 3p6 8 Kr 36 Ar 4s2 3d10 4p6 8 Xe 54 Kr 5s2 4d10 5p6 8 Rn 86 Xe 6s2 4f14 5d10 6p6 8 Elektron valensi atau elektron terluar gas mulia yaitu 2 untuk helium dan 8 untuk unsur gas mulia lainnya Seluruh unsur gas mulia bersifat monoatomik dalam kondisi standar. Pengertian Gas Mulia. Bahkan secara tradisional sifat gas mulia ini telah diberi label Grup 0 dalam tabel periodik karena selama beberapa dekade setelah penemuan gas tersebut diyakini bahwa tidak dapat berikatan dengan atom. Unsur-unsur gas mulia golongan VIIIA terdiri atas helium He neon Ne argon Ar kripton Kr xenon Xe dan radon Rn.