counter stats

Teori Asam Basa Menurut Bronsted Lowry

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Teori Asam Basa Menurut Bronsted Lowry. Pengertian Asam Basa Bronsted Lowry. Teori Asam Basa Arrhenius Bronsted-Lowry dan Lewis.

Pin Oleh Citra Dewi Di Soal Kimia Kimia Pengikut Ipa
Pin Oleh Citra Dewi Di Soal Kimia Kimia Pengikut Ipa from id.pinterest.com

Teori ini diajukan secara independen oleh Johannes Nicolaus Brønsted dan Thomas Martin Lowry pada tahun 1923. Menurut teori tersebut asam dan basa bereaksi satu sama lain menyebabkan asam membentuk basa konjugasi dan basa membentuk asam konjugat dengan menukar proton. Contoh Soal Dalam kehidupan sehari-hari banyak zat yang bersifat asam atau basa.

Ahli kimia yang berasal dari Swedia yaitu Svante Arrhenius menghubungkan sifat keasaman dengan ion hydrogen H pada tahun 1884.

Konsep asam-basa dari Bronsted-Lowry ini lebih luas daripada konsep asam-basa Arrhenius karena hal-hal berikut. Penentuan suatu zat sebagai asam dan basa Bronsted-Lowry dapat dilakukan jika zat tersebut bereaksi dengan zat lainnya. Beberapa spesi dapat bereaksi sebagai asam atau basa tergantung pada pereaksi Menurut Bronsted dan Lowry asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton donor ion H sedangkan basa adalah suatu zat yang. Menurut teori tersebut asam dan basa bereaksi satu sama lain menyebabkan asam membentuk basa konjugasi dan basa membentuk asam konjugat dengan menukar proton.