counter stats

Perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa. Sultan Ageng Tirtayasa adalah putra Sultan Abu al-Maali Ahmad yang menjadi Sultan Banten periode 1640-1650. Peranan Sultan Ageng Tirtayasa 1651-1682 Dalam Menjaga Eksistensi Kesultanan Banten di Bidang Kemaritiman Oleh Oka Agus Kurniawan Shavab Dosen Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Siliwangi Jln Siliwangi No.

Perlawanan Sultan Baabullah 1570 1583 Donisaurus
Perlawanan Sultan Baabullah 1570 1583 Donisaurus from www.donisetyawan.com

Kemudian Sultan menolak perjanjian ini dan menjadikan Banten sebagai pelabuhan terbuka. Sultan Ageng Tirtayasa ialah putra Sultan Abu al-Maali Ahmad yang menjadi Sultan Banten periode 1640-1650. Ia memimpin banyak perlawanan terhadap Belanda.

Kakeknya bernama Sultan Abdulmafakhir Mahmud Abdulkadir atau dikenal sebagai Sultan Agung sultan Banten ke-4 yang juga gigih memerangi Belanda.

Perlawanan Menentang Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia telah dilakukan oleh para pahlawan muslim mulai dari Dipati Unus Sampai Sultan Iskandar Muda. Kemudian Tirtayasa menolak perjanjian ini dan menjadikan Banten sebagai pelabuhan terbuka. Setelah melalui jalan diplomas. Nama Sultan Ageng Tirtayasa berasal ketika ia mendirikan keraton baru di dusun Tirtayasa terletak di Kabupaten Serang.