counter stats

Pengaruh Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia Adalah

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Pengaruh Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia Adalah. Mempercepat proses kemerdekaan Indonesia. Pengucapan Sumpah Pemuda sendiri dilakukan pada tanggal 28 Oktober 1928 dan hingga kini diperingati sebagai Hari Sumpah.

Sejarah Sumpah Pemuda Nilai Semangat Komitmen Bangsa Indonesia Tirto Id
Sejarah Sumpah Pemuda Nilai Semangat Komitmen Bangsa Indonesia Tirto Id from tirto.id

Pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta Sumpah Pemuda diikrarkan oleh para pemuda dari berbagai daerah. Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai ribuan pulau bahasa dan budayanya sangat beragam. Peristiwa sumpah pemuda menjadi titik awal permulaan bagi perjuangan bangsa Indonesia yang tidak lagi kedaerahan dan terpisah-pisah.

Lahirnya Sumpah Pemuda menjadi titik awal perjuangan para anak muda.

Pada Kongres I 28 Desember 1927 para pemuda kemudian. Sumpah Pemuda sendiri diucapkan sebagai buah dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada 27 sampai 28 Oktober 1928. Sumpah pemuda adalah bukti otentik bahwasanya pada tanggal 28 oktober 1928 bangsa indonesia dilahirkan proses kelahiran bangsa indonesia ini adalah buah dari perjuangan rakyat yg selama ratusan tahun tertindas dan tersiksa dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu kondisi. Organisasi kepemudaan yang tidak berlatar belakang suku dan kedaerahan adalah Perhimpunan Indonesia.