counter stats

Pembentukan Komisi Tiga Negara

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Pembentukan Komisi Tiga Negara. Komisi Tiga Negara merasa bahwa ia berhak mengambil inisiatif. Setelah itu Dewan mengganti nama Komisi Tiga Negara menjadi United Nations Commission for Indonesia.

Pesanggrahan Ngeksiganda Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya
Pesanggrahan Ngeksiganda Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya from cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Komisi Yudisial merupakan lembaga negara yang bersifat mandiri dalam pelaksanaan wewenangnya bebas dari campur tangan atau kekuasaan lainnya. Belgia diwakili Paul Van Zeeland yang dipilih mewakili kepentingan Belanda. KTN membuat laporan yang disampaikan kepada DK PBB bahwa Belanda banyak melakukan pelanggaran.

Pemungutan suara untuk resolusi ini dilakukan.

Resolusi ini meminta pembentukan negara federal Republik Indonesia Serikat yang pemilihan konstituen untuk majelis konstituennya selesai per Oktober 1949 dan Belanda menyerahkan kedaulatannya ke Indonesia per Juli 1950. KTN membuat laporan yang disampaikan kepada DK PBB bahwa Belanda banyak melakukan pelanggaran. Atas usul Amerika Serikat DK PBB membentuk Komisi Tiga Negara KTN yang beranggotakan Amerika Serikat Australia dan Belgia. Lahirnya Komisi Yudisial di Indonesia berawal pada tahun 1968 yaitu pada saat munculnya ide tentang pembentukan Majelis.