counter stats

Model Atom Roti Kismis Dikemukakan Oleh

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Model Atom Roti Kismis Dikemukakan Oleh. Pernyataan bahwa atom adalah bola bermuatan positif dengan konsentrasi muatan yang seragam terbukti salah karena ternyata Ernest Rutherford menemukan bahwa atom mempunyai muatan positif yang terkonsentrasi di inti nukleus yang mengandung sebagian besar dari. Thomson menganggap atom seperti roti kismis atau model puding plum karena elektron dalam lingkup muatan positif tampak seperti buah kering dalam puding Natal.

Thompson S Plum Pudding Model Roti Kismis Teori Atom
Thompson S Plum Pudding Model Roti Kismis Teori Atom from www.pinterest.com

Model atom atau model roti kismis Thomson adalah teori tentang struktur atom yang dikemukakan oleh Joseph John Thomson yang menemukan elektron. Memang sebelumnya pada abad ke 18 perkembangan teori atom sudah di kembangkan. Atom ini merupakan model yang dikemukakan oleh John Dalton seorang ahli kimia fisika sekaligus meteorologi asal Inggris.

Teori atom pertama dikemukakan oleh Democritus pada zaman Yunani Kuno.

Disebut model roti kismis karena muatan negatifnya elektron tersebar didalam bentuk bulat atom yang bermuatan positif. Menurut model ini atom tersusun atas elektron bermuatan negatif dalam atom positif mirip dengan kismis dalam puding. Terdapat 4 model atom yang dikemukakan oleh para ilmuwan yaitu model yang diajukan oleh Thomson Rutherford Bohr dan model mekanika kuantum. Model atom Bohr dikemukakan.