counter stats

Kedatangan Bangsa Eropa Ke Nusantara

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Kedatangan Bangsa Eropa Ke Nusantara. Kekayaan alam Indonesia yang melimpah telah menarik perhatian bangsa barat untuk datang ke Nusantara. Dalam buku Sejarah Indonesia Modern 1200-2004 2005 karya MC Ricklefs kedatangan orang-orang Eropa pertama di Asia Tenggara pada awal abad ke-16 dipandang sebagai titik penentu yang paling penting dalam sejarah ini.

Pin De Nothing Hxt Em Nova Ideia Em 2021 Novas Ideias
Pin De Nothing Hxt Em Nova Ideia Em 2021 Novas Ideias from br.pinterest.com

Sehingga membuatnya berusaha mencari langsung sumber rempah rempah yang dikenal dengan nama As llhas do Cravo yang memiliki arti. Kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia disebabkan oleh faktor politik bangsa Eropa yang mencari rempah-rempah hingga ke wilayah Nusantara. Rempah-rempah yang diperdagangkan ke Eropa yang berasal dan Indonesia Maluku harganya sangat tinggi.

Kedatangan Bangsa Portugis ke wilayah Nusantara khususnya wilayah Maluku merupakan bangsa Eropa pertama yang datang ke Nusantara pada saat itu.

Padahal harga yang sebenarnya di tempat asalnya sangat murah. Bangsa Eropa dikenal sebagai penjelajah dunia pada sekitar abad ke-14 Masehi namun dengan adanya penemuan ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia juga mampu berlayar ke Persia pada sekitar abad ke-10 Masehi. Mereka yakin akan bertemu dengan orang-orang seagamaPada awalnya tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia hanya untuk membeli rempah-rempah dari para petani Indonesia. Namun dengan semakin meningkatnya kebutuhan industri di Eropa akan rempah-rempah mereka kemudian mengklaim daerah-daerah yang mereka kunjungi sebagai daerah kekuasaannya.