counter stats

Jenis Jenis Mutasi Gen

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Jenis Jenis Mutasi Gen. Kebanyakan sifat mutasi masih berskala kecil sehingga tidak merubah bentuk atau warna tubuh. Perubahan pada asam amino dapat menghasilkan fenotip mutan apabila asam amino yang berubah merupakan asam amino esensial bagi protein tersebut.

Beautiful Fold Cat Scottish Fold Pedigree Cats Cat Breeds
Beautiful Fold Cat Scottish Fold Pedigree Cats Cat Breeds from www.pinterest.com

Dua kategori utama dari mutasi adalah mutasi germline dan mutasi somatik. Mutasi Gen Adalah Secara umum Mutation sering diartikan sebagai salah satu penyebab dari adanya berbagai macam variasi makhluk hidup di dunia ini. Pengertian Jenis-jenis dan Contoh Mutasi Gen dan Mutasi Kromosom Genetika adalah ilmu pewarisan faktor keturunan hereditasIlmu genetika ini meliputi studi tentang apa yang dimaksud dengan gen bagaimana gen dapat membawa informasi genetik gen direplikasikan dan dilewatkan dari generasi ke ganerasi dan bagaimana gen dapat mengekspresikan informasi di dalam organisme.

Mutasi germline atau mutasi garis benih terjadi pada gamet.

Jadi perubahan bisa saja terjadi pada salah satu atau beberapa dari jenis tersebut. Biar kamu lebih paham simak penjelasannya berikut ini. Mutasi dapat disebabkan oleh kesalahan replikasi materi genetika selama pembelahan sel oleh radiasi bahan kimia mutagen atau virus atau dapat terjadi selama proses meiosis. Perubahan pada susunan basa nitrogen pada DNA dapat menyebabkan terjadinya perubahan protein yang disintesis dan bahkan perubahan pada fenotipe.