counter stats

Dwi Fungsi Abri Adalah

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Dwi Fungsi Abri Adalah. Dwi fungsi adalah suatu doktrin di lingkungan militer Indonesia yang menyebutkan militer memiliki dua tugas yaitu menjaga keamanan dan ketertiban negara serta memegang kekuasaan dan mengatur negara. Konsep Dwi Fungsi ABRI berawal dari konsep jalan tengah yang dikemukakan oleh Jendral AHNasution.

Endriartono Sutarto Militer
Endriartono Sutarto Militer from id.pinterest.com

Dengan memanfaatkan Dwi Fungsi ABRI ini Orde Baru telah berhasil melegitimasi kekuasaan dan mengamankan kestabilan politik dalam negeri sehingga kekuasaan Orde Baru. Puncak dari masa kejayaan dwifungsi ABRI terjadi pada tahun 1990-an di mana pada saat itu anggota ABRI. Dwifungsi sekaligus digunakan untuk membenarkan militer dalam meningkatkan pengaruhnya di pemerintahan Indonesia.

Ketika Presiden Suharto berkuasa lebih dari 30 tahun sejumlah kebijakan di bidang keamanan banyak dilahirkan.

Yang menarik adalah bahwa pemerintah Orde. Apa yang dituduhkan pada Angkatan Bersenjata Republik Indonesia ABRI Sekarang TNI- red di Aceh umpamanya adalah gambaran dari dalamnya bekas kesejarahan yang dimainkan oleh ABRI. Konsep Dwi Fungsi ABRI berawal dari konsep jalan tengah yang dikemukakan oleh Jendral AHNasution. Dwifungsi ABRI adalah suatu dokrin di lingkungan Militer Indonesia yang menyebutkan bahwa TNI memiliki dua tugas yaitu pertama menjaga keamanan dan ketertiban negara dan kedua memegang kekuasaan dan mengatur negara.