counter stats

Dasar Perhitungan Kalender Hijriah Adalah

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Dasar Perhitungan Kalender Hijriah Adalah. Kalender tersebut dimulai pada 1 Muharram tahun peristiwa Hijrah atau bertepatan dengan 16 Juli 622 M. Kalender masehi dan kalender hijriah ternyata memiliki perhitungan yang berbeda.

Perhitungan Kalender Hijriah Adalah
Perhitungan Kalender Hijriah Adalah from ludostor.co

Kalender hijriyah sendiri memiliki sistem hitungan yang berbeda dengan kalender masehi yang mana dalam kalender islam ini menggunakan sistem penghitungan peredaran bulan mengitari bumi. Dalam perhitungannya diadakan pembulatan sehingga dalam kalender hijriah usia tiap bulan diselang seling antara 29 dan 30 hari kecuali pada bulan Zulhijah. Berdasarkan perhitungan-perhitungan gerakan bulan atau revolusi bulan terhadap bumi disebut tahun bulan atau tahun komariah.

Petunjuk Pengerjaan Soal Menjelaskan Dasar Perhitungan Kalender Masehi atau Hijriah.

Perbedaan ini seolah- oleh mengatakan bahwa kalender Hijriyah lebih cepat daripada kalender Masehi yang umum kita gunakan padahal kedua kalender ini sama- sama memiliki 12 bulan. Kalender masehi dan kalender hijriah ternyata memiliki perhitungan yang berbeda. Kalender komariah disebut juga kalender Hijriah yang artinya pindah diawali dengan hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Tahun kabisat hijriah berusia 355 hari.