counter stats

Ciri Khas Otot Jantung Yang Juga Sebagai Pembeda Dengan Otot Rangka Adalah

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Ciri Khas Otot Jantung Yang Juga Sebagai Pembeda Dengan Otot Rangka Adalah. Otot Jantung adalah otot penyusun dinding jantung yang meliputi sel-sel cardiomycocyte atau sel otot myocardiocyteal yang berjumlah satu atau dua tetapi adapun berjumlah 3 atau 4 inti sel yang sangat jarang terjadi. Sel tersebut memiliki tanggung jawab sebagai pengendali.

Ulangan Harian Jaringan Hewan Kelas Xi
Ulangan Harian Jaringan Hewan Kelas Xi from id.scribd.com

Otot jantung tersebut bergerak dibawah kesadaran yang tidak dipengaruhi oleh adanya perintah otak atau juga saraf pusat. Disebut otot lurik karena otot ini memiliki daerah dengan pola gelap aktif dan terang miosin yang saling berselang-seling. Otot yang menggerakan jantung merupakan otot jantung.

Cara kerja otot lurik ini bekerja dibawah kesadaran atau bukan gerak refleks maksudna otot ini digerakan secara sadar oleh manusia dan juga hewan.

Kemampuan kontraksi ni sangat dimungkinkan karena sel-sel otot mengandung protein kontraksi yang memanjang dan mengandung serabut-serabut halus disebut miofibril. Otot ini disebut otot lurik karena memiliki semacam pola serat yang bergaris. Tidak seperti otot rangka yang dapat dikendalikan secara sadar otot jantung akan terus bekerja secara otomatis inilah yang menjadi pembeda utama dengan otot. Ciri-ciri otot rangka otot lurik- Otot rangka juga disebut otot sadar pada vertebrata adalah yang paling umum dari tiga jenis otot dalam tubuh.