counter stats

Candi Borobudur Didirikan Pada Masa Pemerintahan Kerajaan

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Candi Borobudur Didirikan Pada Masa Pemerintahan Kerajaan. Candhi Barabudhur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur Magelang Jawa Tengah IndonesiaCandi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang 86 km di sebelah barat Surakarta dan 40 km di sebelah barat laut YogyakartaCandi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana. Candi borobudur diyakini merupakan peninggalan kerajaan Dinasti Sailendra masa pemerintahan raja Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno dan selesai dibangun pada abad ke-8banyak sekali misteri candi borobudur yang belum terkuak apa sebenarnya nama asli candi borobudur tidak ada prasasti atau buku yang menjelaskan dengan pasti tentang pembanguan borobudur Ada yang mengatakan.

Soal Dan Rangkuman Sejarah Candi Borobudur Belajar Dari Rumah Jumat 24 April 2020 Semua Halaman Kids
Soal Dan Rangkuman Sejarah Candi Borobudur Belajar Dari Rumah Jumat 24 April 2020 Semua Halaman Kids from kids.grid.id

Oleh karena itu mereka memperkirakan Borobudur di bangun sekitar tahuun 800 M. Kerajaan Mataram Kuno berdiri pada abad ke-8 hingga abad ke-11 masehi dan dikenal dengan sebutan Bhumi Mataram. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Pusatnya berada di lembah Sungai Progo yang meliputi dataran tinggi.

Kemungkinan candi ini dibangun sekitar tahun 824 M dan selesai sekitar menjelang tahun 900-an. Jenis aksara ini merupakan aksara yang biasanya digunakan pada prasasti kerajaan pada abad ke-8 dan 9. Candi ini berjarak tiga kilometer dari Candi Borobudur. Borobudur adalah stupa Buddha mazhab Mahayana dan monumen Buddha terbesar di duniaIa dibina antara tahun 750 dan 850.