counter stats

Cairan Empedu Berperan Dalam Pencernaan Yaitu

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Cairan Empedu Berperan Dalam Pencernaan Yaitu. Kantung Empedu Adalah sebuah organ kecil yang berbentuk seperti buah pir yang dimana akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan cairan empedu cairan yang dimana akan berperan penting dalam proses pencernaan. Proses pencernaan makanan pada manusia melibatkan alat-alat pencernaan makanan.

Empedu Berfungsi Untuk Mengemulsikan Lemak
Empedu Berfungsi Untuk Mengemulsikan Lemak from www.slideshare.net

Pencernaan makanan yang terjadi di usus halus lebih banyak bersifat kimiawi. Cairan empedu berperan sebagai emulgator dan berfungsi untuk membantu hidrolisis lemak oleh enzim lipase dalam proses pencernaan makanan. Selain air ludah zat kimia lain yang berperan dalam pencernaan kimiawi adalah asam lambung cairan empedu dan getah pankreas.

Alat-alat pencernaan makanan pada manusia adalah organ-organ tubuh yang berfungsi mencerna makanan yang kita makan.

Terutama untuk membantu penyerapan lemak dan membantu hati mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam. Selain itu cairan empedu berfungsi menetralkan asam klorida dalam kimus menghentikan aktivitas pepsin pada protein dan merangsang gerak peristaltik pada usus. Sementara dalam sistem ekskresi yaitu membantu kerja hati dalam mengeluarkan zat sisa metabolisme dari dalam tubuh. Dalam proses pencernaan empedu berperan dalam proses pencernaan lemak.