counter stats

Bangun Datar Yang Memiliki Simetri Putar

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Bangun Datar Yang Memiliki Simetri Putar. Sebuah bangun datar dikatakan memiliki simetri putar jika bangun datar tersebut memiliki titik pusat yang apabila diputar kurang dari satu putaran mampu menghasilkan bangun dengan bentuk yang semula. Simetri putar adalah simetri yang hanya dimiliki oleh bangun datar yang memiliki titik pusat.

Simetri Lipat Dan Simetri Putar Pdfcoffee Com
Simetri Lipat Dan Simetri Putar Pdfcoffee Com from pdfcoffee.com

Sifat Segitiga memiliki 3 sisi dan 3 titik sudut. Bangun datar matematika tersebut masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis seperti lingkaran segitiga trapesium persegi dan sebagainya. Berikut ini jenis bentuk bangun datar dan gambarnya serta sifat dan rumusnya secara lengkap.

Percobaan dapat dilakukan mirip dengan percobaan pada simetri lipat namun caranya adalah dengan memutar kertas yang telah dibentuk.

Simetri Putaradala h jumlah putaran yang dapat dilakukan terhadap suatu bangun datar di mana hasil putarannya akan membentuk pola yang sama sebelum diputar namun bukan kembali ke posisi awal. Itu artinya bangun datar tersebut tidak memiliki simetri putar. Kamu bisa mencari tahu apakah sebuah bangun datar memiliki simetri putar atau tidak dengan cara memutar bangun datar tersebut kurang dari satu putaran penuh tetapi masih memiliki bayangan yang tepat seperti semula maka bangun. Jadi dapat disimpulkan simetri putar pada bangun datar adalah banyaknya bayang bayang bangun yang mampu dihasilkan dalam kurang dari satu putaran.