counter stats

Bagian Bagian Sel Tumbuhan

Situs web pendidikan Indonesia. Cari apa pun kebutuhan informasi dan pengetahuanmu, temukan disini.

Bagian Bagian Sel Tumbuhan. Vakuola dan plastid merupakan bagian hidup dari sel tumbuhan dan disebut protoplas. Fungsi Dinding Sel ialah untuk membentuk sel tumbuhan melindungi bagian dalam sel dari pengaruh lingkungan dan menjaga sel tumbuhan agar tidak pecah akibat masuknya air secara berlebihan.

Pin Oleh Lintangcahyani Di Notes
Pin Oleh Lintangcahyani Di Notes from id.pinterest.com

Organel sel ini terletak di dalam sel eukariotik dan merupakan organel sel yang sangat unik dan penting serta mengandung materi genetik yang berbentuk DNA deoxyribonucleic acid. Membran sel bersifat semipermeabel artinya hanya dapat dilewati oleh sebuah air dan zat-zat tertentu saja. Fungsi Dinding Sel ialah untuk membentuk sel tumbuhan melindungi bagian dalam sel dari pengaruh lingkungan dan menjaga sel tumbuhan agar tidak pecah akibat masuknya air secara berlebihan.

Sel sklerenkim memiliki ciri selnya yang keras dan juga tangguh sehingga memberikan kekuatan pada tumbuhan.

Biasanya dinding sel Sel tumbuhan mempunyai dua bagian pokok yang berbeda dari hewan yaitu vakuola plastid dan dinding sel. Meskipun sel merupakan unit terkecil namun di dalamnya masih terdapat bagian-bagian yang lebih kecil lagi dan berperan dalam melakukan aktivitas hidup sel itu sendiri atau disebut dengan organel. Sebagai penyusun tubuh tumbuhan. Biasanya sklerenkim tedapat pada sel ini baik pada saat pertumbuhan primer atupun sekunder.